Sabtu, 10 Desember 2011

MENUMBUHKAN KREATIVITAS MENULIS


Jika kamu mengalami kesulitan untuk menulis dan melepaskan  , cobalah tehnik-tehnik berikut ini yang akan  membantu bebas berfikir dan menulis dalam arah baru :



  • Sebelum menulis duduklah di kursi dengan tangan beristirahat dipangkuan. Tegangkan kaki, lengan dan tangan sekaligus . Tahan posisi ini lima detik,kemudian bersantai, menarik napas panjang,menegangkan , dan mengendurkan otot-oto beberapa kali lagi. Lalu mulailah menulis.
  • Setel music yang benar-benar berbicara kepadamu ( headphone baik untuk ini karena mereka membungkusmu dalam music ), kemudian menulis bebas mengenai apa saja yang terlintas di pikiran. Setelah satu atau dua lagu periksa kembali tulisan bebasmu dan lingkari beberapa susunan kalimat ini dan tempatkan pada halaman baru. Mulailah menulis hal yang terpikir sekarang dengan atau tanpa iringan music
  • Mainkan suatu alat music berdansalah dengan liar dengan iringan music yang kamu suka, atau menggambarlah dengan krayon,pastel atau pensil warna. Sekarang tanpa berhenti memikirkan  hal yang kamu mainkan, tarian yang kamu bawakan, atau gambar yang kamu goreskan, pergilah langsung menghadapi kertas atau layar computer dan mulailah menulis. Lihat apa yang muncul  dibenakmu saat tubuh masih dipengaruhi oleh bentuk kesenian lain ?
  • Ketika bangun pada pagi hari, ambil sebuah catatan  yang kamu simpan disamping tempat tidur pada malam hari sebelumnya dan mulailah menulis tentang mimpi atau yang kamu rasakan saat itu. Menulislah sekitar lima menit atau lebih jika kamu suka ), kemudian bacalah yang kamu tulis. Apakah kamu terilhami untuk melanjutkan.
  • Berjalan-jalanlah yang jauh dan ketika kamu menemukan tempat nyaman duduk dan menulislah  selama lima menit tentang apa saja yang terpikirkan ( Mungkin lebih sulit dilakukan pada musim hujan atau cuaca hujan, tetapi masih mungkin)
  • Sejenak sebelum tidur, menulslah dalam catatatan  harian jangan membacanya hingga keesokan harinya. Lihat apakah kata-katamu mengganggumu untuk menulis lebih banyak ?
  • Ambil sepotong tulisan bebas yang telah kamu kerjakan, lalu salin atau ketik ulang dengan separuh perhatian.Ubah kata-kata disana-sini jika lebih sesuai dan lihat apa yang kamu ciptakan ?


Jangan menunda, kapan, nanti, sekarang juga. Menulis menulis dan sekaligi lagi
MENULIS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar